Friday, March 5, 2010

Teknik Menggunakan pipet

Pipet adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh analis. Pipet merupakan alat yang digunakan untuk mengambil larutan dalam volume tertentu. Ada dua jenis pipet yang digunakan dalam melakukan pengukuran yaitu pipet ukur dan pipet volum. sebagaimana penggunaan buret, pipet juga mempunyai teknik di dalam penggunaannya.

berikut adalah teknik menggunakan pipet:

Tekan bulp pipet sampai kempis. Kemudian tempatkan bulp pada ujung pipet.Keluarkan pipet dari wadah larutan dan lap bagian luar pipet dengan tissue.
Tera larutan tepat tanda batas.


Isap larutan dengan pipet filler(jangan pernah gunakan mulut) hingga kurang lebih 2 cm melebihi tanda batas graduasi.

dengan cepat lepas bulp dari ujung pipet dan letakkan jari telunjuk anda pada ujung pipet. lepas sedikit-demi sedikit secara hati-hati jari telunjuk yang menutupi pipet. larutan akan turun secara perlahan-lahan. Berhenti sampai tanda batas miniskus.



supaya lebih mahir dalam menggunakan pipet, anda perlu mempelajarinya dengan menggunakan air sampai anda mampu menggunakan pipet secara konsisten dan akurat.

gak puas penjelasannya?? langsung saja lihat videonya... :)





1 comment:

  1. Hello,

    Zepto Liter Pipettes: Amongst all the pipettes available, the zepto liter is the smallest. The size design and strength of this product ensures that it can be utilized to note the functioning unit of crystallization.

    Micropipette

    ReplyDelete